Milis bincang-bincang Masyarakat Adil Makmur Situs Koleksi Informasi Serbaneka

Monday, August 30, 2010

Akhlaq buah ibadah


Akhlaq buah ibadah

Akhlaq itu lebih tinggi dari moral, etika. Ada akhlaq terpuji dan ada pula akhlaq tercela. Yang berakhlaq terpuji disebut berakhlaq. Ada dua nama yang sangat menonjol di bidang studi akhlaq. Pertama AlGhazali (Simak antara lain Muhammad Zaky Mubarqak : “AlAkhlaq ‘ind alGhazaly”, Kaherah). Kedua Maskaaih dengan “Tahzib alAkhlaq” (Simak antara lain Prof Dr Omar Mohammad alToumy alSyaibany : “Falsafah Pendidikan Islam”; Prof Dr Hanka : “Lembaga Budi”).

Ajaran akhlaq adalah ajaran Allah yang disampaikan dan dicontohkan oleh Rasulullah saw. “Aku – kata Rasulullah aw – diutus untuk menyempurnakan kemuliaan akhlaq”. Misi yang diemban Islam aalah menyebarkan akhlaq paripurna.

Dasar, sendi, asas dari akhlaq itu adalah iman kepada Allah dan iman kepada hari Akhir. Metoda, caranya memlalui ibadah. Ibadah itu berperan mendidik, melatih untuk bersikap taqwa. Taqwa itu berarti peka, sensitive. Peka secara spiritual dan social. Dalam kaitan dengan akhlaq, maka ibadah merupakan pendidikan, pelatihan untuk berakhlaq. Dengan demikian akhlaq itu berarti peka secara spiritual dan social.

Orang berakhlaq itu peduli akan Tuhannya, Nabinya, Agamanya, Masyarakatnya. Namun dalam tataran empiris, bagaimana mengwujudkan peningkatan akhlaq melalui jalur ibadah. Apakah dengan memperbanyak ibadah. Apakah ada kaitan antara banyak ibadah dengan tingkat akhlaq. Dan bagaimana pula meningkatkan mutu, kualitas ibadah. Setiap Jum’at para Khatib menyeru jama’ah untuk menigkatkan mutu, kualitas taqwa. Tapi tanpa diseertai denga cara yang praktis.

(Asrir BKS1008151515 written by sicumpaz@gnail.com)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home