Milis bincang-bincang Masyarakat Adil Makmur Situs Koleksi Informasi Serbaneka

Friday, August 26, 2011

BahasaDakwah

catatan serbaneka asrir pasir

Bahasa Dakwah
Di kalangan elektronika terdapat apa yang disebut dengan modem, yang berfungsi sebagai modulator dan demodulator. Fungsi modulator untuk mencampur/menggabung, dan fungsi demodulator untuk memisah/mencerai. Yang dicampur atau dipisah adalah gelombang frekwensi tnggi dan gelombang frekwensi rendah. Gelombang frekwensi rendah dibawa oleh gelombang frekwensi tinggi. Gelombang frekwensi tinggi disebut sebagai gelombang pembawa.

Di klangan dakwah terdapat sabda Rasulullah saw “Kami diperintah supaya berbicara kepada manusia menurut kadar akal (kecerdasan) mereka masing-masing” (HR Muslim). Muhammad Abduh menyimpulkan “Berbicaralah kepada manusia menurut kadar akal (kecerdasan) mereka masing-masing”. Terjemahkanlah ajaran Islam itu sesuai dengan nalar objek dakwah (Simak M Natsir : Fiqhud Dakwah”, Ramadhani, Semarang, 1984, hal 162; PANJI MASYARAKAT, No.249, 15 Juni 1970, hal 30).

Di kalangan akademisi, Islam itu didakwahkan dengan menggunakan bahasa ilmiah. Di kalangan politisi, Islam itu didakwahkan dengan menggunakan bahasa politik. Di kalangan ekonom, Islam itu didakwahkan dengan menggunakan bahasa ekonomi. Di kalangan teknokrat, Islam itu didakwahkan dengan menggunakan bahasa teknik. Di kalangan kedokteran, Islam itu didakwahkan dengan menggunakan bahasa medis. Di kalangan artis, Islam itu didakwahkan dengan menggunakan bahasa seni. Dan seterusnya.

Masing-masing kalangan hendaklah mendakwahkan Islam dengan menggunakan baasa yang sesuai dengan profesinya. Yang mualah hendaklah mendakwahkan Islam ke kalangan yang ia tinggalkan, Bahasa dakwah tergantung dari objek dan subjek dakwah.

(written by sicumpaz@gmail.com at BKS1108250430)

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home