Milis bincang-bincang Masyarakat Adil Makmur Situs Koleksi Informasi Serbaneka

Monday, February 21, 2011

Belajar menyimak pesan QS 4:36-40

Belajar menyimak pesan QS 4:36-40)

Agar hanya menyembah, beribadah, berbakti kepada Allah, tanpa mempersekutukanNya dengan apa pun jua.

Agar memanfa’atkan, mendayagunakan karunia, anugerah Allah yang diterima untuk kesejahteraan bersama dengan menafkahi orangtua/ibubapa, karib kerabat, anak yatim, orang miskin, tetangga dekat, tetangga jauh, teman sejawat, orang jalanan.

Allah tidak menyukai orang sombong, angkuh, pongah, berbangga diri.

Termasuk ke dalam kategori orang sombong adalah orang kikir, bakhil, pelit, mengajak orang orang berbuatkikir, bakhil, pelit, menyimpan, menyembunyikan karunia anugerah Allah yang diterima agar tak diketahui orang.

Orang somonb, orang kikir termasuk ke dalam kelompok orang kafir.

Allah menjanjikan bagi orang kafir sanksi hukum, berupa siksaan berat-dahsyat, azab yang menghinakan, yang mempermalukan.

Termasuk juga ke dalam kategori orang sombong, adalah orang ria, yang berinfak, memberikan nafkah secara culas (ria) bukan berdasarkan iman (beriman kepada Allah dan beriman kepada hari kemudian), tetapi agar dilihat manusia, agar mendapatkan pjian, sanjungan dari manusia.

Orang ria itu brteman dengan setan. Setan itu musuh, teman yang sangat jahat/licik.

Allah Maha Mengetahui. Mana yang berinfak secara tulus, ikhlas, karena Allah, karena mengharapkan ridha Allah, dan mana pula ang berinfak dengan ria, mengharapkan pujian dan sanjungan makhluk.

Allah tidak akan menyia-nyiakan, meremehkan, menyepelekan kebajikan, sekecil apa pun. Bahkan akan melipatgandakannya dan membalasinya berlipat ganda.

(written by sicumpaz@gmail.com in sicumpas.wordpress.com as Asrir at BKDS1102220800)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home