Milis bincang-bincang Masyarakat Adil Makmur Situs Koleksi Informasi Serbaneka

Monday, April 11, 2011

Yang logis dan yang tak logis

Yang logis dan yang tak logis

“… berkatalah Musa : Ya Tuhanku, nampakkanlah diri Engkau kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau. Tuhan berfirman : Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku, tapi lihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya sebagai sediakala nisaya kamu dapat melihat-Ku. Tatkala Tuhannya menamapakkan diri kepada gunung itu, dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan. Mka setelah Musa sadar kembali, dia berkata : Maha Suci Engkau, aku bertaubat kepada Engkau dan aku orang yang pertama-tama beriman” (QS 7:143).

“Dan ingatlah ketika Ibrahim berkata : Ya Tuhanku, perlihatkanlah padaku bagaimana Engkau menghidupkan orang mati. Allah berfirman : Belum yakinkah kamu? Ibrahim menjawab : Aku telah meyakininya, akan tetapi agar hatiku tetap mantap. …” (QS 2:260).

“Dan Nuh berseru kepada Tuhannya sambil berkata : Ya Tuhanku, sesungguhnya anakku termasuk keluargaku, dan sesungguhnya janji Engkau itulah yang benar. Dan Engkau adalah Hakim yang seadil-adilnya. Allah berfirman : Hai Nuh, sesungguhnya dia bukanlah termasuk keluargamu yang dijanjikan akan diselamatkan, sesungguhnya perbuatannya perbuatan yang tidak baik. Sebab itu janganlah kamu memohon kepada-Ku sesuatu yang kamu tidak mengetahui hakekatnya. …” (QS 11:45-46).

“Dan Allah membuat isteri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman ketika ia berkata : Ya Tuhanku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkalah aku dari kaum yang zhalim” (QS 66:11).

“Siapaka yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik dengan menafkahkan hartanya di jalan Allah, maka Allah akan memperlipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan llah menyempitkan dan melapangkan rizi dan kepada-Nyalah kamu dkembalikan” (QS 2:245). Ketika turun ayat QS 2:245 tersebut, maka orang-orang Yahudi menghadap kepada Nabi saw, mereka berkata : “Hai Muhammad. Tuhanmu miskin, ia meminta kepada hamba-Nya”. Maka turunlah ayat QS 3:181 berikut sebagai ancaman terhadap ucapan seperti ucapan Yahudi itu. “Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan orang-orang yang mengatakan : ‘Sesungguhnya Allah miskin dan kami kaya’. Kami akan mencatat perkataan mereka itu dan perbuatan mereka membunuh Nabi-Nabi tanpa alas an yang benar. Dan Kami akan mengatakan kepada mereka : “Rasaakanlah olehmu azab yang membakar’” (QS 3:181). (Simak KHO Shale dkk: “Asbabun Muzul”, Diponegoro, Bandung, 1975:112).

(written by sicumpaz@gmail.com in sicum[pas.wordpress.com as Asrir at BKS1104071030)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home