Milis bincang-bincang Masyarakat Adil Makmur Situs Koleksi Informasi Serbaneka

Thursday, March 31, 2011

Cukup yang mencakupi

Cukup yang mencakupi

“Adalah Rasulullah saw gemar sekali pada kalimat do’a yang singkat, tetapi meliputi semua maksud dalam berdo’a dan meninggalkan selain itu” (HR Abi Daud dari ‘Aisyah ra dalam “Riadhus Shalihin” Imam Nawawi, pasal ‘Do’a-do’a’).

“Kebanyakan do’a Nabi saw : Ya Allah berikan kepada kami di dunia kebaikan dan di akhirat kebaikan dan hindarkan kami dari api neraka” (HR Bukhari, Muslim dari Anas ra dalam “Riadhus Shalihin” Imam Nawawi pasal ‘Do’a-do’a’).

Nabi saw menunjukkan do’a yang dapat menghimpun/mencakup semua itu : “Ya Allah saya mohon kepdaMu sebaik-baik yang diminta oleh Nabi Muhammad saw dan saya berlindung kepadaMu dari kejahatan/bahaya yang Nabi Muhammad saw minta perlindunganMU daripadanya, Engkaulah tempat meminta bantuan pertolongan dan Engkau pula yang menyampaikan, dan tiada daya, dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah” (HR Tirmidzi dari Abu Ummah dalam “Riadhus Shalinin” Imam Nawawi, pasal ‘Do’a-do’a).

Saya telah membaca empat kalimat berulang tiga kali (setelah shalat shubuh) yang niscaya cukup memadai, yaitu : “Aku mensucikan Allah dengan memujiNya sebanyak bilangan makhlukNya, dan sebesar keridhaanNya akan diriNya, dan seberat timbangan‘arasyNya, dan sepanjang hitungan kalimatNya” (HR Muslim dari Ummul Mukminin Juwairiyah binti alHarits ra dalam “Riadhus Shalihin” Imam Nawawi, pasal ‘Anjuran dan Keutamaan Berdikir’).

“Berhemat dalam melakukan ta’at” (Salah satu pasal dalam “Riadhus Shalihin” Imam Nawawi).

“Saya telah shalat bersama Rasulullah saw, maka shalatnya sedang, dan khutbahnya juga sedang-sedang” (HR Muslim dari Abu Abdullah (Jabir) bin Samurah ra dalam “Riadhus Shalihin” Imam Nawawi, pasal ‘Berhemat dalam melakukan ta’at’).

“Jangan marah” (HR Bukhari dari Abi Hurairah dalam “Riadhus Shalihin” Imam Nawawi, pasal ‘Sabar’). Marah itu menghimpun berbagai kejahatan.

Rasulullah saw mengajarkan suatu kalimat yang cukup menyimpulkan pengertian Islam, yaitu : “Katakanlah aku percaya kepada Allah, kemudian tetap konsekwen mendisiplinkan diri terhadap pengakuan” (HR Muslim dari Abu Amru (Sufyan) bin Abdullah atsTsaqafy ra dalam “Riadhus Shalihin” Imam Nawawi, pasal ‘Istiqamah’).

(written by sicumpaz@gmail.com in sicumpas.wordpress.com as Asrir at BKS1103300815)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home