Milis bincang-bincang Masyarakat Adil Makmur Situs Koleksi Informasi Serbaneka

Monday, February 21, 2011

Islam kaffah

Islam kaffah

Sekali-kali janganlah diakui ada satu peraturan lain yang lebih baik dari peraturan Islam (Prof Dr Hamka : “Tafsir AlAzhar”, juzuk II, 1983:173, re tafsiran ayat 2:208). Belumlah sempurna, belumlah “masuk Islam keseluruhannya”, kalau masih belum menurut peraturan alQur:an. Cukup hanya mengakui Islam satu-satunya aturan hukum.

Semakin tertanam keyakinan bahwa hukum Islam itu lebih baik dari yang lain, maka akan semakin gencar tuduhan sebagai teroris. Semua tersangka teroris yang ditangkap, dibunuh adalah yang punya keyakinan bahwa hukum Islam itu lebih baik dari yang lain dan punyakeinginan untuk menegakkan hukum Islam itu secara nyata-konkrit.

Islam sama-sekali harus tampil nyata berbeda dengan non-Islam. Simak antarra lain ‘Perbedaan anatara Seorang Muslim dan Seorang kafir”, dalam “Dasar-Dasar Islam” (Fundamentals of Islam) oleh Abul A’la Maududi.

Rocker Hari Moekti lebih ngakngikngok dari Elvis Presly. Tampil di panggung/pentas jingkrak-jingkrak bagai cacing kepanasan. Menjelang usia 40 tahun, ia mengakhiri dunia artis, dan mulai menggeluti dunia dakwah sampai kini, ikut terlibat dalam pembinaan berbagai taklim.

Pada tayangan kuliah Ramadhan di televise disaksikan para pendakwah yang senang dikelilingi oleh para artis, para selebritis. Para pendakwah ini tampil sebagai artis, selebritis. Pendakwah Hari Moekti tampil menjauhi artis, selebritis.

“Dan tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agama mereka sebagai main-main dan sendagurau (olok-olok, lawakan, lelucon), dan mereka telah ditipu oleh kehidupan dunia” (QS 6:70). Gaul, urakan, bebas, liberal lebih berkonotasi lelucon, lawakan, olok-olok.

“Apabila kamu mendengar ayat-ayat Allah dingkari dan diolok-olokkan oleh orang-orang kafir, maka janganlah kamu duduk beserta mereka, sehingga mereka memasuki pembicaraan yang lain. Sesungguhnya kalau kamu berbuat demikian, tentlah kamu serupa dengan mereka” (S 4:140, simak juga QS 6:68).

Pendidikan Islam kaffah bisa saja antara lain memanfa’atkan/melalui cerpen, novel, roman, features, sinetron, film, musik, dan lain-lain sebagainya. Buah karya tersebut benar-benar sebagai media dakwah, mendakwahkan Islam kaffah. Sosok Islam kaffah dapat disimak, diamati dari sosok para sahabat Rasulullah saw.







Sikap seorang Muslim

Seorang Muslim bersyahadat, berikrar bahwa “Tak ada Tuhan selain Allah” (QS 3:18), bahwa “Muhamamad Rasul/Utusan Allah” (QS 3:144). Mengakui bahwa “Menetapkan hukum itu hanyalah hak Allah” (QS 6:57). Tak akan dijumpai orang yang beriman kepada Allah dan Hari Akhirat bekerja sama dengan orang-orang yang mengolok-olokan, mempermainkan, mengganggu, memusuhi Islam (QS 58:22).

Seorang Muslim menolak berhukum dengan hukum thagut (QS 4:60;5:50). Seorang Muslim tak mengakui yang menolak Syari’at Islam sebagai Ulim Amri (QS 5:57). Seorang yang benar-benar Muslim sangat tapak beda dengan yang non-Muslim, dalama setiap aspek, baik dalam beretika, bersopan-santun, bermu’amalah, bermasyarakat, berbangsa, bernegara (QS 4:140).

Seorang Muslim bersyahadat, berkrar ahwa tak ada kekuasaan yang berdaulat atas dirinya kecuali Allah. Bahwa tak ada hukum yang patut dipatuhi untuknya kecuali hukm Allah. Tak ada perintah yang di luar perintah Allah yang layak untuk dipatuhi. Tak terikat dengan adat kebiasaan yang berlaku yang bertentangan dengan ketentuan Allah. Seorang Muslim menolak sesuatu yang di luar hukum Allah (Abul A’la Maududi : “Metoda Revolusi Islam”, 1983:64-65; “Dasar-Dasar Islam”, 1984:58-59).

Seorang Muslim melakukan shalat, shaum, zakat, haji pada waktunya mengikuti tuntunqan/petunjk Quar:an dan Sunnah. Seorang Muslim kawin, menikah mengikuti tuntunan/petunjuk Qur:an dan Sunnah. Seorang Muslim bermu’amalah, bertransaksi, berinteraksi sesuai dengan tuntunan/petunjuk Qur:an dan Sunnah. Tuntunan/petunjuk/pedoman hidup bagi seorang Muslim hanyalah Qur:an dan Sunnah.

(written by sicumpaz@gmail.com in sicumpas.wordpress.com as Asrir aat BKS1005161400)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home