Milis bincang-bincang Masyarakat Adil Makmur Situs Koleksi Informasi Serbaneka

Monday, February 21, 2011

Jahiliyah dan Madaniyah

Jahiliyah dan Madaniyah

Jahiliyah dapat dipadankan dengan biadab, primitif, sedangkan Madaniyah apat dipadankan dengan beradab, modern. Jahiliyah dan Modern bukanlah merujuk pada waktu, periode, tetapi merujuk kepada sikap mental. Di kalangan komunitas Jahiliyah yang berlaku adalah hukum rimba. Sedangkan di kalangan komunitas Madaniyah yang berlaku adalah hukum kota. Hukum rimba adalah hukum badwi, biadab. Sedangkan hukum kota adalah madani, beradab.

Penyelesaian sengketa dengan bentrok fisik, atau dengan jalan tawuran, atau dengan jalan perperangan adalah bentuk sikap mental jahiliyah, biadab, primitif. Sedangkan penyelesaian sengketa dengan jalan dialog, diplomasi, adu argumentasi adalah bentuk sikap mental madani.

Islam adalah satu-satunya reformer yang merubah komunitas Jahiliyah menjadi komunitas Madaniyah. Adat kebiasaan Arab Jahiliyah diaantaranya adalah : mengubur anak-anak wanita hidup-hidup, berlebih-lebihan dalam mengadakan tindaka balasan, memberikan title/gelar yang mencemoohkan nama baik, mengangkat anak seperti anak sendiri, bertuhan banyak, menyembah kepada selain Allah, menyembah berhala, binatang, matahari, bulan, dan lain-lain. Seluruh adat kebiasaan Arab jahiliyah ini dibasmi oleh Rasulullah saw dan pengikutnya dengan ajaran Islam.

Sedangkan adat kebiasaan Arab Madaniyah di antaranya adalah : keperwiraan, kesatriaan, kebangsawanan, memberikan prtolongan, kemauan tinggi, sungguh-sungguh, memelihara dan menunaikan janji, memelihara bertetangga, tangan terbuka, menjamu tamu, tahan penderitaan, hormat diri, enggan salah. Adat kebiasaan rab madaniyah ii dipelihara oleh Islam (Simak antara lain Amali : “Planning & Organisasi Da’wah Rasulullah saw”, AlMa’arif, Bandung, 1980 : 18).

(written by sicumpaz@gmail.com in sicumpas.worpress.com as Asrir at BKS1117021400)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home