Milis bincang-bincang Masyarakat Adil Makmur Situs Koleksi Informasi Serbaneka

Monday, February 21, 2011

Kandungan isi Qur:an

Kandungan isi Qur:an

Qur:an itu sungguh unik. Dari segi bentuk, Qur:an itu bukan prosa, bukan novel, bukan cerita, bukan kisah, bukan stori, bukan histori, bukan sejarah, bukan surat, bukan memo, bukan nota, bukan kabel, bukan telegram, bukan mel, bukan esemes, bukan puisi, bukan syair, dan lain-lain. Namun demikian ada yang sekilas tampak terkesan seperti demikian.

Dari segi materi, isi, kandungan, Qur:an itu beragam, mencakupi, meliputi berbagai hal. Memuat informasi, berita, khabar, imperasi, instruksi, perintah, amar, bimbingan, tuntunan, panduan, pedoman.

Dari keterangan Rasulullah saw yang diberitakan oleh tirmidzi, Hakim bersumber dari Alharits AlA’war dipahami bahwa dengan Qur:an, dengan Kitabullah, segala macam masalah, persoalan, sengketa bsa diselesaikan. Isi, kandungan Qur:an mencakupi, meliputi : bimbingan, tuntunan, petunjuk, panduan, pedoman hidup bagi manusia agar tak tersesat dari jalan Allah. Mengandung aturan, peraturan, ndang-undang, hukum, rujukan, acuan, referensi untuk mennyelesaikan masalah, persoalan, sengketa. Memuat cerita, kisah, khabar generasi lalu dan prediksi generasi nanti. (Simak antara lain : Prof Dr Hamka : “Tafsir AlAzhar”, juzuk XVII, 2000:13-14; Mohammad AlGhazali : “Bukan Dari Ajaran Islam”, 1982:49-50; “Pengantar Study Qur:an”, hal 17; “Apa itu AlQur:an”, hal 17; Hikmah Tasyri’, hal 46; “Pedoman Dzikir, Wirid, Do’a”, hal 59).

Prof Dr H Mahmud Yunus menulis risalah “Kesimpulan Isi Qur:an”, tahun 1938 9terbitan Hidakarya Agung, Jakarta, 1978). Ayat-ayat Qur:an ada yang berhubungan dengan Rukum Iman dan Islam, Ilmu Pengetahuan (Membaca, Menulis, Berhitung, Ilmu Alam dan kimia, Ilmu Bumi dan Falak, Biologi dan Geologi, Ilmu Kesehatan, Sejarah/Tarikh/Riwayat), Perekonomian, Pemerintahan, Hukum (yang wajib, yang sunat, yang makruh, yang halal, yang haram), Akhlak (yang terpuji, yang tercela), Sanksi hukum.

(written by sicumpaz@gmail.com in sicumpas.wordpress.com as Asrir at BKS1102220515)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home